Thursday, May 26, 2016

I Only Have One Reason to Finish Reply 1988

Sumber: IG @ryuniverse328

Dari sekian banyak drama Korea yang pernah saya tonton sejauh ini, saya menemukan karakter seorang laki-laki yang paling mengagumkan di “Reply 1988”. Saya langsung jatuh cinta dengan karakter Sun Woo dalam drama franchise ini. He actually has strong character!


         Menyusul kesuksesan “Reply1997” dan “Reply 1994”, “Reply 1988” yang tayang 2015 lalu juga berhasil mendapat tempat di hati para pecinta drama Korea termasuk saya. Walaupun dari keseluruhan episode, nontonnya cuma di scene-scene tertentu (karena ada beberapa adegan yang menurut saya terkesan membosankan), drama ini cukup menguras air mata dan bikin capek ketawa. Saya yang kerap terganggu dengan banyaknya product placement (mulai dari mobil, kosmetik, smartphone hingga coffee shop) yang biasanya muncul dalam drama-drama Korea, juga merasa cukup nyaman ketika menyaksikan “Reply 1988”. Kalau pun ada, mungkin saya juga nggak akan ngeh karena setting drama ini membawa penonton kembali ke tahun 1988. Saat itu, Korea Selatan belum semodern saat ini.
Tema dan alur cerita yang ada dalam “Reply 1988” sebenarnya nggak beda jauh dengan beberapa drama Korea yang pernah saya tonton sebelumnya. Masih seputar keluarga, sekolah, persahabatan, asmara dan kehidupan bertetangga (everydays life). Tema-tema seperti ini memang masih menjadi kekuatan drama-drama Korea untuk menarik perhatian para penggemarnya. Saya sendiri lebih gemar menonton drama-drama yang bertema humanis dibandingkan fiksi atau fantasi yang sebenarnya juga telah banyak menginspirasi para script writer drama Korea.
Teman-teman yang sudah menyaksikan “Reply 1988” tentu tidak asing lagi dengan para karakter yang ada dalam drama tvN ini. Sayangnya, saya mungkin bukan bagian dari kalian yang berada di tim Choi Taek (Park Bo Gum) atau Kim Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol). Dari pengalaman menonton sejumlah drama Korea, perhatian saya memang kadang lebih terfokus pada second lead atau second couple. Termasuk ketika menyaksikan “Reply 1988”. Alasan menyelesaikan drama ini sampai episode 20 pun cuma satu, karena penasaran dengan akhir kisah cintanya Sun Woo (Ko Gyung Pyo) dan Bo Ra (Ryoo Hye Young). Jujur, dari awal saya nggak begitu tertarik dengan kisah cinta segitiganya Sung Duk Son (Hyeri), Choi Taek dan Kim Jung Hwan. Cerita tentang sahabat yang akhirnya saling jatuh cinta seperti yang ada di “Reply 1988”, sebenarnya juga sudah banyak di drama-drama Korea sebelumnya. Salah satu judul yang paling saya suka adalah “Because It’s The First Time”, drama delapan episode yang salah satu bintang utamanya Minho (SHINee). Dramanya memang nggak sepopuler “Reply 1988” sih.


Sumber: IG @ryuniverse328

Dari sekian banyak drama Korea yang pernah saya tonton sejauh ini, saya menemukan karakter seorang laki-laki yang paling mengagumkan di “Reply 1988”. Saya langsung jatuh cinta dengan karakter Sun Woo dalam drama franchise ini. He actually has strong character! In real life, saya sangat mengagumi laki-laki yang begitu mencintai ibu dan adik perempuannya, dengan begitu dia pasti akan mencintai wanitanya kelak (Sun Woo juga tipe laki-laki seperti itu). Sun Woo yang diperankan Ko Gyung Pyo (sepintas mirip Suho EXO nggak sih?) seperti mengingatkan saya kembali dengan tipe laki-laki ideal yang paling tepat sebagai pendamping hidup, yang dalam kehidupan nyata mungkin bakal sulit ditemukan lagi sekarang. Sosok laki-laki yang santun, sederhana, pintar, penyayang, setia kawan dan family man. Meski penurut dan hampir sempurna, satu hal yang juga saya sukai dari Sun Woo adalah sisi bad boynya yang tetap dimunculkan dalam drama ini. Karena menurut saya, sosok laki-laki yang pilihan-pilihan hidupnya lurus-lurus aja jatuhnya juga akan sangat membosankan.
Sun Woo adalah karakter yang pandai menempatkan posisinya ketika bersama keluarga, sahabat dan perempuan yang dicintai. Terharu banget waktu scene Sun Woo terpaksa ngabisin bekal makan siangnya walaupun rasanya nggak enak biar nggak bikin ibunya sedih. Banyak scenes yang juga nunjukin rasa sayangnya ke Jin Joo (Kim Sul). Dibandingkan sahabat-sahabatnya yang lain, Sun Woo juga orang yang paling baik dalam memperlakukan Choi Taek. Tetap begadang semalaman buat belajar walaupun setelah itu mesra-mesraan sama pacar. Bisa jadi sosok yang dewasa meski pacaran sama nuna (perempuan yang lebih tua). Cuma Sun Woo yang bisa melihat kehangatan pribadi seorang Sung Bo Ra yang dari awal episode punya karakter yang supeeeeer nyebelin. Almost perfect deh!

Sumber: IG @kopular

Di kehidupan yang sebenarnya, pemeran Sun Woo dan Bo Ra ternyata adalah teman dekat. Mereka seumuran tapi dalam kenyataannya Ryoo Hye Young adalah junior Ko Gyung Pyo. So sweet banget ngelihat kedekatan mereka berdua waktu behind the scene. Awalnya, Ko Gyung Pyo nggak tahu bakal dipasangin sama siapa (pemeran Bo Ra), eh tahunya temen sendiri. Nggak heran kalau chemistry memerankan sepasang kekasih langsung dapet. No more compliment, but relationship goals! 

No comments:

Post a Comment