Tuesday, June 13, 2017

[BCA Indonesia Open 2017] Tak Mampu Bermain Lepas di Kandang Sendiri, Kevin/Gideon Tersingkir di Babak Pertama

Sumber Foto: badmintonindonesia.org

BCA Indonesia Open Super Series Premier yang dihelat di JCC Senayan telah memasuki hari ketiga. Pasangan ganda putra peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjalani laga perdana mereka menghadapi Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Rabu (14/6). Namun di luar dugaan, Minions harus menelan kekalahan dari unggulan ketiga Denmark yang dua kali pernah mereka kalahkan di turnamen-turnamen sebelumnya. 


Awal babak pertama, Minions sempat unggul 3-0, namun poin tersebut berhasil terkejar hingga pasangan Denmark unggul tipis 11-10 saat interval. Sepanjang pertandingan, Minions berada dalam tekanan pasangan Denmark. Mereka juga kerap melakukan kesalahan sendiri sehingga memberikan poin cuma-cuma untuk Atrup/Rasmussen. Di babak pertama, Minions pun harus tunduk dengan skor 16-21. 

Kejar mengejar angka terjadi di babak kedua. Sama seperti babak pertama, pertandingan pun masih berlangsung sengit. Terjadi beberapa kali reli panjang yang sayangnya hampir selalu dimenangkan pasangan Denmark. Dalam pertandingan tersebut, Astrup/Rasmussen memiliki pertahanan yang sangat rapat sehingga serangan bertubi-tubi dari Kevin/Gideon berhasil mereka mentahkan. Pasangan Denmark benar-benar menunjukkan defense yang luar biasa. Sebaliknya, Minions justru tak mampu keluar dari tekanan dan malah terkesan terlalu meladeni permainan pasangan Denmark. Juara All England 2017 itu pun harus takluk dengan skor yang sama seperti di babak pertama 16-21. 

Dengan demikian, Minions gagal merebut tiket R2 persis seperti yang terjadi di ajang BCA Indonesia Open tahun lalu. Ketika itu, Minions kalah dari pasangan Korea, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Namun kekalahan mereka di ajang yang sama tahun ini tentu lebih mengecewakan, mengingat grafik permainan Kevin/Gideon yang mengalami peningkatan di sepanjang tahun 2017. Terbukti, mereka berhasil menjuarai tiga turnamen terbuka secara berturut-turut mulai dari ajang All England, India Open dan terkahir Malaysia Open. 

Sederet prestasi yang telah diraih Kevin/Gideon di awal tahun, membuat PBSI menargetkan satu gelar Indonesia Open lewat keduanya. Namun apa mau dikata, Minions yang menjadi tumpuan Indonesia justru harus tersingkir lebih awal karena tak mampu bermain lepas di kandang sendiri. 

Minions yang harus mengakui keunggulan Astrup/Rasmussen sekaligus menambah panjang catatan kekalahan mereka atas pasangan Denmark. Di ajang Singapore Open, Minions gagal menggenapkan empat gelar juara berturut-turut setelah dikalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen di semifinal. Minions pun belum berhasil revans saat kembali bertemu pasangan veteran Denmark tersebut dalam pertarungan tiga gim di ajang Sudirman Cup yang dihelat di Gold Coast Australia, Mei lalu. 

Semoga di turnamen terbuka selanjutnya, keberuntungan kembali berpihak pada Kevin/Gideon. Badminton Lover tentu berharap pasangan ini bisa kembali bermain dengan performa terbaik mereka. Kita tunggu kejutan dari Minions di Australia Open yang akan berlangsung 20 hingga 25 Juni mendatang. Di ajang yang sama tahun lalu, Minions berhasil naik podium. Menariknya, mereka keluar sebagai juara setelah mengalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen di final. Akankah Minions mampu mempertahankan gelar mereka tahun ini??? 


No comments:

Post a Comment